2nd year at Jakarta School of Prosthetics and Orthotics {part 1}

Hi all Assalamu'alaikum

Di semester 3 ini akan belajar tentang Transtibial Prosthetics dan Partial Foot Prosthetics.Yang pertama kali dipelajarin Transtibial Prosthetics dulu, matkul ini belajar tentang analisa kasus penyakit dan juga analisa alat yang sesuai dengan kebutuhan pasien. Transtibial berarti amputasi di tibial bone atau tulang kering, umumnya disebut amputasi bawah lutut. Selama matkul atau course aku praktek buat 3 alat, tapi alat yang dirangkai hanya satu aja guys, praktek yang ketiganya.

ya ini guys pernah aku buat


itu namanya transtibial prosthesis atau disebut kaki palsu bawah lutut, yang buatan aku yang paling kiri, tapi yang ini belum termasuk cosmesis yang mengcover agar semirip mungkin dengan kaki asli.


seperti biasa guys, foto yg diatas itu saat kita celebration party di Transtibial Prosthetics course, alhamdulillah all passed, sp we can continue to next modul guy. Oh ya guys saat course ini kita diajar oleh 2 dosen expatriat, yaitu Ryota Itagaki Sensei dari Japan or Jepang, yg paling tengah or barisan atas urutan ke 8 dari kiri, Lokru To Sichoen dari Kamboja, so Lokru meaning is Guru guys, bahasa Kamboja artinya guru, tapi Lokru lagi sakot sat itu jadi ga ikut Foto dan juga ada instruktur dr Indonesia.

ok next modul ada Partial Foot Prosthetics
kali ini diajar oleh Mwalim dna Lokru, tapi berhubung Mwalim harus pulang ke negaranya karena ada keluarganya yang sakit, so cuma di ajar sama 1 dosen expatriat dan team instruktur. Untuk dosen expatriat by Lokru To Sichoen. Di course ini belajar tentang amputasi di kaki.

Dan ini hasil Foto saat proses pengerjaan dengan my team


nah kalo mau dibentuk jari2nya juga boleh guys, kayak gini nih, hhee


Kalo foto yang di bawah ini diambil setelah ujian, alhamdulillah all passed


Alat yang kita buat beda design guys, alat yang dipegang temanku sebelah kiri itu tidak mengcover mata kaki dan yang dipegang temanku yang satunya dan aku juga itu mengcover mata kaki jadi sampe atas, bisanya digunakan untuk pasien yang aktivitasnya tinggi atau pasien yang aktif. Diakhir course karena sibuk dengan hal lain banyak jadwal, jadi ga sempet celebration party guys.

ya sekian ceritanya, terima kasih

Wassalamu'alaikum 








Comments

Popular Posts